-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Theo Widodo Ajak Warga Ikut Senam Jantung Sehat dan Konsultasi Gratis

Sabtu, 07 September 2024 | September 07, 2024 WIB Last Updated 2024-09-07T21:36:33Z

              


Kupang,mwartapedia.com - Ketua Harian Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama NTT Ir. Theo Widodo mengajak seluruh warga Kota Kupang untuk ikut senam jantung sehat bersama Yayasan Jantung Sehat.


Theo Widodo menjelaskan, kegiatan senam jantung sehat bersama masyarakat ini rutin digelar oleh YJI Cabang Utama NTT setiap hari Sabtu minggu pertama setiap bulan.


"Saya mengajak seluruh masyarakat Kota Kupang datang dan bergabung bersama kami untuk senam jantung sehat sesuai standar Yayasan Jantung Indonesia,"ungkapnya usai mengikuti senam jantung sehat di halaman depan Kantor BPR Christa Jaya pada Sabtu (07/9/2024).


Theo Widodo mengucapkan, Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama NTT juga bekerja sama dengan para dokter jantung di Kota Kupang melayani konsultasi kesehatan jantung gratis kepada warga yang membutuhkan.


"Saya mengundang seluruh warga Kota Kupang untuk setiap hari sabtu minggu pertama dalam bulan untuk bergabung bersama-sama dalam kegiatan senam jantung sehat, kita akan mendapatkan penjelasan dari dokter ahli jantung karena pada kesempatan tersebut ada demo bantuan hidup dasar ketika seseorang mengalami serangan jantung dan konsultasi secara gratis bersama dokter spesialis jantung dan pembuluh darah,"ucapnya.


Kegiatan senam jantung sehat ini dihadir oleh tiga orang dokter ahli jantung dan pembuluh darah yaitu dr. Magma Purnawan Putra, Sp.JP(K),FIHA dan dr. Leonora Tiluata dari RSUD WZ Johannes Kupang dan RS Siloam Kupang; serta dr. Muhamad Bayu Aji Saputra Sudarno, Sp.JP, FIHA dari RS TNI AL dan RS Wira Sakti Kupang.



Dokter Spesial Jantung dan Pembuluh Parah, dr.Magma Purnawan Putra, Sp.JP (K) mengatakan, di NTT sudah ada 15 orang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Kupang sendiri ada 7 orang.


"Di NTT target kami dalam satu kabupaten satu dokter spesialis jantung dan pembuluh darah  semoga kedepan pelayanan lebih lengkap di Indonesia bila perlu di Internasional,'ungkapnya.


dr. Bayu juga mengucapkan, untuk mencegah kematian akibat penyakit jantung, pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia untuk saling mengingatkan pola hidup sehat.

"Untuk menjaga kesehatan jantung ada beberapa tips yang perlu dilakukan oleh setiap orang yang dirangkum dalam kata CERDIK, singkatan dari

C: Cek kesehatan berkala.
E: Enyahkan asap rokok.
R: Rajin aktivitas fisik (minimal jalan 15 menit setiap hari).
D: Diet bukan makan sedikit mungkin, tetapi makan secukupnya.
I: Istirahat yang cukup (minimal 7 jam dengan kualitas yang baik dalam sehari).

K: Kelola stres. Kelola stres itu bisa melalui berdoa, meditasi, yoga. Berkomunikasi dengan Tuhan, untuk menyegarkan kembali tubuh kita.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Komunikasi YJI Cabang Utama Kupang sekaligus dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Leonora Johana Tiluata, Sp. JP memberikan penjelasan dan demo bantuan hidup dasar ketika seseorang mengalami serangan jantung.

"Bantuan hidup dasar adalah orang yang pertama kali menemukan pasien jantung dan itu adalah keluarga terdekat,"jelas Dokter Leonora.

Baginya, upaya menolong  seseorang terkena serangan jantung yang paling penting adalah adalah cek respon.

"Pertolongan pertama adalah cek respon nadi, pompa dada pasien sebanyak 30 kali dan memberikan bantuan napas buatan sebanyak 3 kali dilakukan secara rutin dan jangan berhenti sebelum sampai di rumah sakit,"jelasnya.

Dokter Leonora mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan melakukan Senam jantung sehat bertujuan untuk merawat jantung dan pembuluh darah pembuluh darah yang sehat membuat kerja jantung menjadi optimal karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.

"Gerakan senam jantung sehat menjaga performa jantung agar jantung dapat mengambil oksigen sebesar-besarnya dengan tujuan kadar oksigen dalam tubuh terpenuhi,"pungkasnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update