-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Pengamat Politik Sebut Harapan Ansy Jane Menang Bukan Hal Yang Mustahil

Kamis, 12 September 2024 | September 12, 2024 WIB Last Updated 2024-09-13T03:16:45Z



Kupang,mwartapedia.com - Pengamat Politik Universitas Muhamaddyah Kupang, Dr. Ahmad Atang S. sos. M. Si menyebut harapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Yohanis Fransiskus Lema dan Jane Natalia Suryanto (Ansy-Jane) untuk menang dalam ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) bukan hal yang mustahil.


"Dilihat dari tiga pasangan calon yang ada, tentu mereka memiliki peluang yang sama, namun jika dianalisis berdasarkan modal sosial, politik dan basis dukungan tentu akan berbeda dalam perspektif elektoral,"ungkap Ahmad Atang ketika dihubungi media ini pada Jumad (13/9/2024).


Menurutnya, pasangan Ansy-Jane secara politik memiliki modal besar karena PDIP merupakan partai pemenang pemilu di NTT. 


"Itu artinya, pasangan Ansy-Jane punya modal politik karena PDIP memiliki massa loyal, sekarang tinggal marketingnya untuk mengkapitalisasi basis sosial menjadi basis politik elektoral,"kata Ahmad Atang.


Lebih lanjut Ahmad Atang menjelaskan, jika dilihat dari aspek figuritas, keduanya memiliki modal sosial yang cukup. Hal ini ditandai dengan perolehan suara pemilu yang sangat signifikan.


"Terlebih Ansy yang memiliki kipra positif selama lima tahun menjadi anggota DPR RI. Keberpihakan Ansy Lema terhadap sosial problem di NTT yang diartikulasikan di DPR sangat terasa,"jelasnya. 


Ahmad Atang menambahkan, begitu juga dengan  Jane Natalia Suryanto yang memiliki modal politik dan basis massa jika merujuk pada hasil pemilu. 


"Namun, basis sosial dan kultural menjadi hambatan jika faktor daerah asal menjadi cara pandang masyarakat, hal ini yang mesti di waspadai jika lawan memainkan isu ini,"tambahya.


Baginya, karena yang beroperasi dalam politik Pilkada bukan didominasi oleh politik transaksional tapi politik ikatan emosional yang berbasis identitas. 


"Aspek identitas hanya laku di kalangan menengah ke bawah tapi tidak kuat di kalangan menengah ke atas. Jadi, posisi Ibu Jane masih aman, setidaknya pada pemilih rasional,"pungkasnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update