-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Pemprov NTT Gelar' Kupang Exotic Run & Jazz Festival

Rabu, 28 Agustus 2024 | Agustus 28, 2024 WIB Last Updated 2024-08-29T04:29:34Z

Kupang,mwartapedia.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menggelar Kupang Exotic Run & Jazz Festival 2024 yang akan berlangsung di NTT pada Sabtu, 31 Agustus 2024. 


Demikian disampaikan Pj. Gubernur NTT, Ayodhya Kalake saat Press Conference di Kantor Gubernur NTT pada Kamis, 29 Agustus 2024.


"Disebut exotic karena memang kita memasukkan unsur budaya (budaya daerah NTT, red) di dalam. Pelari pria gunakan ikat kepala motif tenun ikat NTT. Yang lainnya kita beri ikat pinggang selendang motif NTT," jelasnya.


Ayodhya menjelaskan, diharapkan di setiap kecamatan yang dilewati akan ada atraksi budaya yan ditampilkan masyarakat. Dengan demikian, kegiatan tersebut tidak hanya semata olahraga, tetapi ada nuansa budaya NTT di dalamnya.


"Kita ingin buat Kupang Exotic Run ini berbeda dengan lomba lari lainnya," tambahnya.


Ia juga mengharapkan, kegiatan Kupang Exotic Run akan memberi efek domino bagia pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya masyarakat dengan melibatkan UMKM yang ada.


UMKM dimaksud yaitu UMKM yang selama ini dibina dan didampingi Pemprov NTT dan Pemda lainnya di NTT, termasuk UMKM-UMKM binaan Bank NTT dan Bank Indonesia.


"Jadi kita akan adakan pameran UMKM untuk.menghidupkan ekonomi lokal," ujar Ayodhya.


Terkait kegiatan lomba ini, Ayodhya membeberkan bahwa per 17 Agustus 2024 lalu ada sekitar 4.300 peserta yang sudah mendaftar untuk mengikuti kegiatan Kupang Exotic Run 2024. Peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia, atau dari luar NTT.


Kegiatan ini, kata Ayodhya Kalake, diharapkan dapat menggali potensi dan bakat-bakat di NTT, khususnya di bidang atletik.


Ayodhya mengungkapkan pula kegiatan ini juga merupakan penghormatan kepada para pahlawan olahraga NTT, khususnya keluarga para legenda atletik atletik NTT.


Oleh karena itu, Pemprov NTT kan turut mengundang keluarga para legenda atletik NTT yakni almarhum Eduardus Nabunome, Marlince Sonbai, ibunda Katerina Nesimnasi. (MI)

×
Berita Terbaru Update