-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Pemkot Kupang Gelar Festival Sarung Tenun Terbaik Untuk Rakyat

Sabtu, 31 Agustus 2024 | Agustus 31, 2024 WIB Last Updated 2024-09-01T04:53:41Z

                   


Kupang,mwartapedia.com - Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata menggelar Festifal Sarung Tenun yang merupakan festifal terbaik untuk rakyat pada tahun 2024 dengan mengusung tema From East Nusa Tenggara, To Nusantara yang berlangsung di Alun-alun Kota Kupang pada tanggal 30-31 Agustus2024.


Acara tersebut dikemas dengan berbagai kegiatan yakni Fashion show compettition, Tarian masal daerah NTT, lokal expo, sasando perform, live music, DJ perform dan dorrprize.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Josefina M.D. Gheta, ST, MM sebagai penyelenggara dalam sambutannya mengatakan bahwa Kota Kupang merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berperan sebagai pusat pemerintahan, pusat perekonomian dan pusat pendidikan. 


"Peranan Kota Kupang mempengaruhi perpindahan penduduk dari kabupaten ke Kota Kupang untuk berbagai tujuan hidup,"ungkapnya. 


Ia menambahkan, Kota Kupang saat ini dengan penduduk multikultur memiliki kekuatan tersendiri bagi sektor pariwisata titik berbagai suku dan budaya ada di kota Kupang yang terdiri dari 6 kecamatan dan 51 kelurahan yang ditempati oleh 466.632 jiwa yang berasal dari berbagai etnis suku signifikan yaitu suku Timur Rote Sumba Tionghoa Flores dan sebagian kecil pendatang dari Bugis dan Jawa. 


"Kota Kupang dijadikan miniatur provinsi NTT dengan berbagai ciri khas dari berbagai kabupaten yang ada salah satu ciri khas dari setiap kabupaten adalah sarung tenun,"tambahnya. 


Menurutnya, setiap sarung tenun dari masing-masing kabupaten memiliki filosofi dan makna yang berbeda serta unik baik dari motif teknik menenun bahkan bahan baku yang digunakan untuk dibentuk menjadi sebuah sarung. 


"Pada kegiatan ini sarung tenun NTT akan menunjukkan daya tariknya bukan hanya sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia seperti untuk ritual upacara adat dan kreativitas dalam berbusana,"ujarnya..


 Josefina Gheta mengucapkan, pada festival terbaik kali ini akan melibatkan pegawai pada opd kota Kupang yang akan menggunakan sarung tenun NTT serta ikut bersama dalam tari massal daerah NTT. 


"Berbagai kreativitas desain sarung tenun NTT akan disuguhkan kepada para penikmat seni budaya dan khalayak dalam festival terbaik untuk rakyat 2024 yang dilaksanakan oleh dinas pariwisata kota Kupang dengan tema sarung tenun from etnis Nusa tenggara Timur 2 Nusantara,"ucapnya. 


Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada koepan festival 2004 yakni lomba fashion show menggunakan sarung NTT, local Expo, perform tari massal daerah NTT oleh Kelurahan Manutapen dan Kelurahan Naimata, perform alat musik sasando dan live musik. 


Josefina Gheta menerangkan tujuan diadakan kegiatan Festival Terbaik Untuk Rakyat 2024 ini adalah untuk melestarikan serta mempromosikan adat serta budaya daerah yang ada di kota Kupang dan mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya penenun. 


"Selain itu, untuk membangkitkan kebanggaan di kalangan generasi muda dan kaum milenial terhadap kain sarung NTT, peserta kaum milenial Kota Kupang, pelaku ekonomi kreatif Ikatan Keluarga Kabupaten Ende Flores, kelompok Tari Kelurahan Manuta dan, Kelompok Tari Kelurahan Air Mata, pelaku seni dan budaya Kota Kupang,"terangnya. 


Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega, SH dalam sambutan sekaligus menutup kegiatan tersebut mengatakan festifal Sarung Tenun terbaik untuk rakyat mengundang masyarakat unduk menyaksikan.


"Festival Sarung Tenin terbaik untuk rakyat ini mengundang ribuan masyarakat Kota Kupang mengambil bagian dalam kegiatan ini,"ungkapnya. 


Ignasius Lega menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut. 


"Atas nama pemerintah Kota Kupang, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Dinas pariwisata, dan panitia, para donatur dan UMKM yang sudah memeriahkan kegiatan sarung tenun ini,"ucapnya.  


Baginya, kesuksesan dari kegiatan Festival Sarung Tenun ini merupakan kerja kolaborasi dan koordinasi dari semua pihak.


"Suksesnya kegiatan selama dua hari ini adalah bagian dari kerja-kerja kolaborasi antar pemerintah dan UMKM baik itu pemerintah kelurahan dan kecamatan maupun Dinas Pariwisata Kota Kupang yang mewakili pemerintah Kota Kupang,"kara Ignasius Lega. 


Ia menjelaskan, festifal Sarung Tenun terbaik untuk rakyat ini merupakan festival tahunan maka dirinya berharap kebepan menjadi lebih baik lagi.


"Ini adalah kegiatan rutin setiap tahun dan harapan saya bahwa tahun depan kita bisa bertemu lagi dalam satu ekspektasi yang besar dan dalam kegiatan yang lebih meriah dan lebih woww lagi,"harapnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update