-->
Masuk

Notification

×

Iklan

KPU Tutup Pendaftaran, Pilgub NTT Akan Diikuti 3 Bakal Paslon

Jumat, 30 Agustus 2024 | Agustus 30, 2024 WIB Last Updated 2024-08-30T10:45:48Z


Kupang,mwartapedia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur resmi menutup pendaftaran calon kepala daerah yang akan maju di Pilgub NTT 2024 pada Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WITA.


Ketua KPU NTT, Jemris Fointuna memgatakan, pemilihan Gubernur NTT akan diikuti oleh 3 bakal pasangan calon 
karena pada pelaksanaan pendaftaran tingkat Provinsi NTT pihaknya telah menerima 3 paslon yang telah mendaftar.


"Ketiga bakal pasangan calon ini statusnya lengkap dan diterima. Jadi pada Kamis pukul 23.59 WITA,, Provinsi NTT ada tiga bakal pasangan calon yang akan memeriahkan Pilgub NTT 2024," kata Jemris Fointuna saat konferensi pers  yang didampingi oleh Ketua Divisi Sosiallisasi Pendidikan Pemilihan Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Baharudin Hamsyah, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Petrus Kanisius Nahak, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Eliyaser Lomi Rohi, Lodwyk Frederik. Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, dan Plh, Sekretaris, Melane WilaHege di Aula Kantor KPU NTT pada Jumad (30/8/3034) pagi.


Ketua KPU menjelaskan, tiga pasangan calon yang mendaftar. ketiganya adalah pasangan Melki Laka Lena -Jhoni Asadoma,  Pasangan Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu  dan pasangan Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto.


"Pasangan Melki Laka Lena-Jhoni Asadoma diusung oleh 11 partai politik yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima),"jelasnya.


Lanjutnya, pasangan Simon Petrus Kamlasi-Adrianus Garu diusung oleh tiga partai politik.


"Pasangan ini diusung oleh partai Nasdem, PKS dan PKB,"ucapnya.


 Ketua KPU menambahkan untuk pasangan Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto yang diusung empat parpol.


" Pasangan ini diusung oleh PDIP, Partai Hanura, PBB dan Partai Buruh,"tambahnya,.


Ketua KPU NTT mengucapkan, setelah seluruh pasangan calon yang telah dinyatakan diterima pendaftarannya selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan yang telah dimulai dari tanggal 28 hingga 2 September mendatang.


 "Ketiga pasagan calon Gubernur saat ini sedang melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Ben Mboi sesuai arahan dari KPU NTT,"ucapnya.


Ia menjelaskan, langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh KPU NTT adalah penelitian persyaratan administrasi calon pada tanggal 29 Agustus hingga 4 September 2024.


"Pada tanggal 22 September 2024, KPU akan menetapkan pasangan calon dan pada tanggal 23 September 2024 akan dilakukan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon,"jelasnya.


Jemris Fointuna menghimbau, kepada seluruh masyarakat NTT untuk tetap mengikuti perkembangan informasi melalui saluran resmi dan media sosial KPU.


"Kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses Pilkada 2024 dan memastikan hak pilihnya. (MI)  

×
Berita Terbaru Update