-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Simulasi Head to Head Versi IndekStat: Melki Laka Lena-Jane Natalia Suryanto Menang Pilgub NTT

Rabu, 17 Juli 2024 | Juli 17, 2024 WIB Last Updated 2024-07-17T10:51:32Z


Kupang,mwartapedia.com --  Lembaga Survei IndekStat merilis hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan pada 1 hingga 10 Juli 2024. Survei ini mengenai peluang bakal pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) 2024.


Simulasi kontestasi Head to Head, pasangan Emanuel Melkiades Laka Lena dan Jane Natalia Suryanto menang di Pilgub NTT.


Calon Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Jane Natalia Suryanto memimpin telak figur calon Wakil Gubernur NTT lainnya.


Temuan Indekstat mengungkapkan elektabilitas (keterpilihan) Jane Natalia Suryanto sebagai calon Wakil Gubernur NTT 2024-2029 menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan figur lainnnya. 


Jane Natalia Suryanto memperoleh angka elektabilitas sebesar 18.1 persen. Angka ini lebih tinggi dari perolehan calon Wakil Gubernur lainnya seperti, Adrianus Garu (13,3 persen), Anita Mahenu (9,6 persen), Gabriel Beri Binna (7,6 persen), Sebastian Salang (7,6 persen) dan Refafi Gah 4,9 persen. 


Sementara dalam survei dengan simulasi pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2024 yang dilakukan IndekStat menunjukan Melki Laka Lena menang telak melawan pasangan calon lain jika dipasangkan dengan Jane Natalia Suryanto. 


Simulasi I: 

- Melki Laka Lena - Jane Natalia Suryanto (48,9 persen) 

- Ansy Lema-Refafi Gah (15,1 persen) 

- Simon Petrus Kamlasi-Andre Garu (12,9 persen)

- Orias Moedak-Sebastian Salang (3,1 persen). 


Sementara disimulasi II pasangan calon, jika Melki Laka Lena dipasangkan dengan Gabriel Beri Binna elektabilitasnya lebih rendah. 


Simulasi II:

- Melki Laka Lena-Gabriel Beri Binna (45,3 persen)

- Ansy Lema-Refafi Gah (17,1 persen) 

- Simon Petrus Kamlasi-Andre Garu (12,6 persen)

- Orias Moedak-Sebastian Salang (2,5 persen). 


Dari dua simulasi tersebut menunjukan peluang Melki Laka Lena untuk menang lebih besar jika dipasangkan dengan Jane Natalia Suryanto dibandingkan jika dipasangkan dengan calon Wakil Gubenur NTT lainnnya. 


Survei ini merupakan hasil survei terbaru yang dilakukan IndekStat pada periode 1 hingga 10 Juli 2024 dengan populasi survei WNI yang berdomisili di Provinsi NTT dan berusia 17 tahun keatas atau menikah yang sudah memiliki hak pilih. 


Survei IndekStat dilakukan menggunakan metode multistage random sampling, dengan margi of error kurang lebih 3,8 persen. Survei Indekstat menggunakan metode tatap muka (face to face) dan dilakukan oleh enumerator profesional.


Secara elektoral, Jane Natalia Suryanto dan Melki Laka Lena menjadi figur dengan pengalaman yang mentereng di pemilihan legilatif DPR RI. 


Jane Natalia Suryanto berhasil meraih dukungan 46.055 suara di Daerah Pemilihan (Dapil) NTT II. Sementera Melki Laka Lena di dapil yang sama meraih total dukungan 95.138 suara. 


Sebelumnya, nama Jane Natalia Suryanto sempat disebut Melki Laka Lena sebagai salah satu figur yang digadang-gadang mendampingi dirinya ke Pilkada NTT.


Hal tersebut tentu berdasar, pasalnya sebagai pembina partai, Jane berhasil mengantarkan PSI meraih hasil maksimal pada Pileg Februari 2024 lalu.


PSI sebagai partai yang bisa dibilang masih muda, di Pileg 14 Februari 2024 lalu berhasil meraih 6 kursi DPRD NTT dan 28 kursi DPRD Kabupaten/Kota se-NTT.


Dalam proses menuju Pilkada NTT, Melki Laka Lena dan Jane Natalia Suryanto sama-sama mendapatkan rekomendasi dari DPP PAN untuk membangun koalisi.


Keduanya juga belum lama ini sama-sama mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPP PKB dan juga di Gerindra masih menunggu hasil survey yang dilakukan.


Golkar memiliki bekal 9 kursi DPRD Provinsi NTT untuk maju ke Pilgub NTT, sementara PSI yang dipastikan akan mendukung Jane Natalia Suryanto memilki 6 kursi DPRD Provinsi NTT dari hasil Pileg 2024.


Peluang koalisi kedua partai juga bisa terulang di NTT, mengingat Golkar dan PSI yang tergabung dalam Koalisi Indonesia maju berhasil membawa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih kemenangan di Pilpres 2024.(***)

×
Berita Terbaru Update