-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Darusalam Sikumana Meningkat

Senin, 17 Juni 2024 | Juni 17, 2024 WIB Last Updated 2024-06-18T02:59:33Z


Kupang,mwartaperia.com –  Kegiatan pemotongan hewan kurban di Jemaat Darussalam Sikumana pada tahun ini mengalami peningkatan signifikan. 


Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban Masjid Darussalam Sikumana, P. Anwar, S.Sos., S.H., pada Senin (17/06/2024).


Kepada awak media, Anwar menyebutkan bahwa total hewan yang akan dipotong selama tiga hari ke depan mencapai 29 ekor sapi dan 46 ekor kambing, meningkat drastis dibandingkan tahun sebelumnya.


"Tahun kemarin hanya memotong 14 ekor sapi dan 16 ekor kambing,"ungkapnya. 


Dijelaskan Anwar bahwa pada tahun ini total hewan kurban yang akan di sembelih berjumlah 29 ekor.


“Pada hari pertama ini, kami telah berhasil memotong 7 ekor dari 29 ekor sapi dan 13 ekor kambing yang sudah terpotong dari total 46 ekor. 


Ia menjelaskan, hewan-hewan kurban ini berasal dari dua sumber.


" Kedua sumber tersebut yakni Jemaat Darussalam Sikumana dan donatur dari Jakarta, termasuk Rumah Zakat, lembaga kemanusiaan, dan Human Initiative yang bermitra dengan Yayasan Bakti Nusa Tenggara Timur,” ungkap Anwar.


Ia mengungkapkan, pengalokasian daging kurban tersebut akan dibagi dalam tiga hari. 


“500 kantong pertama akan kami salurkan untuk Jemaat Darussalam Sikumana yang jumlah KK-nya mencapai 282. Kami menggandakan jumlah kantong ini untuk mengantisipasi jika ada warga yang belum tercatat atau masyarakat sekitar yang membutuhkan,” jelas Anwar


Menurutnya salah satu tantangan yang dihadapi panitia adalah pengiriman sapi yang masih dalam perjalanan. Namun, Anwar optimis bahwa seluruh 29 ekor sapi akan berhasil dipotong hingga hari ketiga kegiatan. 


Anwar juga menegaskan pentingnya aspek kesehatan dan keamanan dalam pemotongan hewan kurban. 


“Kami bekerja sama dengan dokter hewan Petrus Amalo dan timnya untuk memastikan bahwa semua hewan yang dipotong sehat dan layak konsumsi,"ujarnya.


Anwar juga menyoroti makna spiritual dari kegiatan kurban ini. 


“Pemotongan hewan kurban bukan hanya tentang daging yang dibagikan, tetapi juga tentang kebersamaan, kepedulian, dan pengorbanan yang kita tunjukkan kepada sesama,” tutup Anwar. 


Bagi Anwar dan seluruh panitia, peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini adalah pencapaian yang membanggakan.


"Kami berharap peningkatan hewan kurban tahun ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,"ungkapnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update