-->
Masuk

Notification

×

Iklan

PT Mandala Jes Indo Beri Pelatihan Berbasis Kompetensi Sektor Pertambangan Penggalian Bagi Siswa SMKN Insana Barat

Selasa, 21 Mei 2024 | Mei 21, 2024 WIB Last Updated 2024-05-22T05:41:52Z

Kefamenanu,mwartapedia.com - Ratusan siswa di SMK Negeri Insana Barat Tuamau, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti pelatihan berbasis kompetensi sektor pertambangan dan penggalian yang diadakan oeh Lembaga Pelatihan Kerja yang digagas oleh PT Mandala Jes Indo. 


Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Senin 20-22 Mei 2024 dengan materi meliputi pelatihan dasar administrasi pertambangan, pelatihan dasar teknis dan manajemen pertambangan, serta pelatihan teknis dan manajemen administrasi pertambangan.


Direktur Utama (Dirut) PT Mandala Jes Indo, Yohanes Jone, ST,MT mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapka siswa agar dapat menjadi tenaga kerja yang terampil, amanah dan siap menghadapi tantangan serta peluang kerja di sektor pertambangan dan penggalian.


"Tujuan dari pelatihan ini bisa membawa ranah baru yang berkaitan dengan skill dan kemamuan kerja agaar lulusan SMKini mampu memiliki kemampuan dibidang administrasi,teknisi bahkan menjadi tenaga kerja lapangan,"ungkapnya.


Ia menjelaskan, pihaknya memberikan pelatihan kepada SMKN Insana Barat Tuamau Prodi Pertambangan merupakan kegiatan pelatihan kerja berbasis kompetensi sekaligus merupakan pra kualifikasi kerja.


"Saya bisa bilang bahwa satu-satunya SMK di NTT yang mempunyai Prodi Pertambangan yaitu di Tuamau SMKN Insana Barat tentunya menjadi perhatian besar buat kami yang memiliki embaga kusus pelatihn kerja disektor pertmbangan,"jelasnya.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN Insana Barat Tuamau, Alexius Taus, menyambut positif kegiatan ini karena selain terkait dengan jurusan energi dan pertambangan di sekolah, juga dapat menambah keterampilan siswa dan mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja.


"Kita harapkan dengan kerjasama ini, kompetensi anak-anak benar benar nampak, sehingga kelak nanti mereka bisa dibutuhkan di berbagi bidang kerja sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang mereka dapat hari ini,"Kata lexius Taus, Senin, (20/5/2024).


Ansel dan ita, siswa kelas XII SMK Negeri Insana Barat Tuamau di sela-sela pelatihan itu mengaku sangat senang karena kali ini Prodi Energi dan Pertambangan di sekolah mereka baru pertamakali mendapatkan pelatihan kerja seperti ini.


"kami senang sekali karena, menambah wawasan kami terutama pada program studi EP sekaligus membuka wawasan kami tentang dunia kerja di bidang Energi dan Pertambangan ke depan saat kami sudah tamat sekolah,"Ungkap Ansel dan Ita.


Dengan pelatihan ini, siswa diharapkan menjadi tenaga kerja yang terampil, amanah, dan siap menghadapi tantangan serta peluang kerja di sektor pertambangan dan penggalian. {***)

×
Berita Terbaru Update