-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Jadi Calon Anggota DPR RI, Christofel Liyanto Perjuangkan UMKM di NTT

Senin, 25 Desember 2023 | Desember 25, 2023 WIB Last Updated 2023-12-26T06:52:24Z



Kupang,mwartapedia.comCalon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Christofel Liyanto,SE berkomitmen akan memperjuangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menurut, calon DPR RI Dapil NTT II nomor urut 3 dari partai Gerindra ini, bahwa akar masalah yang menyebabkan NTT menjadi provinsi termiskin adalah kurangnya peningkatan UMKM.


"Jika terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI maka saya akan fokus meningkatkan UMKM di NTT karena kita ketahui bahwa akar masalah sebagai provinsi terbelakang dan termiskin adalan income perkapita jauh artinya penduduk NTT mempunyai penghasilan yang terendah diseluruh Indonesia,"demikian disampaikan oleh Christofel Liyanto,SE saat ditemui media ini di kediamannya pada Senin (25/12/2023).


Bankir sukses ini mempunyai impian menjadi anggota DPR RI merupakan suatu pertimbangan yang sulit karena harus meninggalkan dunia usaha yang sudah dirintis dari nol.


"Seharusnya saya tinggal menikmati hasil kerja saya tetapi saya berpikir hidup ini harus bermakna sehingga perusahan saya sudah diserahkan ke anak-anak muda dan saya ingin berbuat sesuatu yang lebih berdampak positif bagi masyarakat banyak dan satu-satunya cara harus melalui peran serta saya didalam pemerintahan melalui calon anggota DPR RI,"ujarnya.


Dirinya meyakini bahwa DPR RI mempunyai peranan yang sangat penting untuk bisa memberikan masukan kepada pemerintah pusat tentang kondisi ekonomi Provinsi NTT.


"Jika banyak orang menjadi pengusaha dan mampu menyerap tenaga kerja maka tidak ada pengangguran karena semua punya penghasilan yang cukup itulah yang mendorong income perkapita kita tinggi maka NTT bisa keluar dari kemiskinan,"ucapnya Christofel Liyanto.


Christofel Liyanto yang juga sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) ini berharap semua baik itu pemerintah gubernur wali kota maupun legislatif harus terorientasi dan fokus untuk meningkatkan jumlah UMKM.


"Menurut saya yang juga sebagai ketua ISEI yang ahli di bidangnya sudah mempunyai pengalaman kerja dan masa lalu yang sangat erat hubungannya dengan ekonomi khususnya UMKM oleh karena itu saya tahu dan saya ingin pengalaman-pengalaman saya dan kompetensi saya ini jangan disimpan dan dibawa mati tetapi harus dibagikan,"jelasnya.


Sebagai pengusaha yang berasal dari nol, dirinya berharap akan mengimplementasikan apa yang menjadi keahlihan, pengalaman dan ilmu-ilmunya akan dibagikan kepada para pengusaha.


"Kalau pengusaha terlahir dari seorang kaya jika belajar dari dia mungkin agak susah tetapi banyak yang bisa dipelajari dari saya karena terlahir sebagai orang miskin, Saya dari pengusaha yang nol bekerja dari bawah sebagai tenaga profesional dibayar mahal mengumpulkan modal dan berusaha dari kecil berkembang menjadi besar,"ucapnya.


Lebih lanjut, Christofel Liyanto menambahkan, pemerintah harus lebih fokus untuk meningkatkan mental pengusaha dan mental kewirausahaan bagi masyarakat NTT agar banyak orang mau menjadi pengusaha.


"Kita ambil contoh Kota Kupang saja apakah ada seratus orang pengusaha sekarang ini yang mampu menyerap seratus atau dua ratus tenaga kerja dan kalau ada seratus saya ada didalam.  dan jika 200 ribu tenaga kerja di Kota Kupang bisa diserap oleh 1000 pengusaha besar maka Kota Kupang tidak akan mendapatkan kategori miskin,"jelasnya.


Jika terpilih dan dipercayakan oleh masyarakat NTT menjadi wakil rakyat, dirinya akan memperjuangkan agar pemerintah harus memberikn kesempatan dan bekerjasama dengan pengusaha.


"Saya ingin pensiun dari dunia usaha dan mengabdi sebagai DPR RI agar bisa melahirkan lebih banyak para pengusaha muda di NTT dan bagi pengusaha yang sudah ada bagaimana bisa naik kelas,"harapnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update