-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Ketum KADIN NTT Ajak Mahasiswa UNIPA dan UNFLOR Magang di Eropa

Kamis, 09 November 2023 | November 09, 2023 WIB Last Updated 2023-11-09T09:59:06Z


Kupang,mwartaedia.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri  (KADIN) Nusa Tenggara Timur,  Bobby Lianto M.M.  M.B.A dalam kunjungannya di pulau Flores mengajak mahasiswa Universitas Nusa Nipa (UNIPA) dan Universitas  Flores (UNFLOR) untuk magang di Eropa.


Ajakan ini disampaikan oleh Ketum KADIN NTT saat melakukan kunjungan yang didampingi oleh Direktur Eksektif KADIN NTT, Johannis Mercy Siobelan pada tanggal 6 November 2023..

 

Bobby Lianto melakukan rapat internal  bersama keluarga KADIN Kabupaten Sikka yang diketuai oleh Hari Japira dan memberikan kuliah di UNIPA.  


Keesokan harinya, pada 7 November 2023,  Bobby Lianto juga melakukan kuliah umum di Universitas Flores (UNFLOR) Ende didampingi ketua KADIN Ende, Herry Jufri dan Wakil Ketua KADIN Ende, Andi Wijaya  beserta tim KADIN Kabupaten Ende.  


Dalam kunjungan ke Maumere dan Ende  tersebut, Bobby Lianto menjadi narasumber dengan membawakan tema Kewirausahaan dan Bonus Demografi,


Bobby Lianto memberikan motivasi kepada para mahasiswa dari UNIPA dan juga UNFLOR untuk memiliki jiwa kewirausahaan.


Dalam materinya, Ketum KADIN NTT menyampaikan bahwa bonus demografi ini dapat membawa suatu kebangkitan ekonomi bagi Indonesia dan juga bagi NTT. 


"Jika para angkatan kerja yang lulus dari universitas atau setiap tahun dihasilkan, itu artinya angkatan kerja yang siap untuk bekerja, yang mempunyai skill dan juga memiliki jiwa entrepreneurship sehingga mampu membuka lapangan kerja atau membuat lapangan kerja tersendiri,"ungkapnya.  


Menurutnya, alasan menjadi seorang entrepreneur atau wirausaha artinya pejuang,  pahlawan atau pahlawan pejuang.


"Kalau dulu sebagai pemuda ketika mau menjadi pahlawan kita harus mengangkat senjata dan berperang melawan penjajah tetapi hari ini kalau kita mau menjadi pahlawan maka jadilah pahlawan ekonomi,  yaitu seorang entrepreneur atau wirausaha.  Karena dengan membuka lapangan kerja dapat menolong banyak angkatan kerja,"ucapnya.


Bobby Lianto juga menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur caranya tidak susah dan mudah yaitu mempunyai keinginan yang kuat dan mulai dengan mempraktikannya. 


Oleh karena itu Bobby Lianto mengharapkan agar lulusan universitas bukan hanya skripsi tetapi proyek-proyek bisnis yang dilakukan sehingga mahasiswa sudah mengenal bisnis dari awal sebelum mereka lulus.  


"Jadi jika mereka lulus nanti,  pilihan mereka tidak hanya selalu mencalonkan diri menjadi PNS tetapi sebagian dari mereka yang tertarik dan sudah pernah melakukan proyek yang berhasil dan menguntungkan maka dia akan melanjutkan menjadi wirausaha,"harapnya.

  

Dalam kegiatan tersebut,  Bobby Lianto juga melakukan sosialisasi Markija yaitu program Mari Kita Kerja, dimana sudah memiliki 4 Perguruan Tinggi di NTT yang bekerjasama dengan KADIN Vokasi,  yaitu Politeknik Negeri Kupang, Universitas Citra Bangsa,  Universitas Nusa Nipa,  dan juga Universitas Flores, di mana anak-anak ini dapat magang dan bekerja di 3 negara di Eropa Timur,  yaitu Cekoslavia, Rumania dan Hungaria.  


Bobby Lianto juga memberikan testimoni dan menelfon langsung dengan seorang anak yang telah dikirim dalam program Markija ke Eropa Timur,  yaitu Nurdin Hassan Patipelak dari Politeknik Negeri Kupang. 


Didalam video singkatnya,  Nurdin menyampaikan bahwa dia sangat bersemangat dan senang sekali dapat mengikuti program ini  bahkan dia mendapatkan penghasilan yang sangat baik, yaitu bersih dia bisa menerima 15 juta setiap bulannya,  sedangkan tempat tinggal dan lain-lain semuanya ditanggung oleh perusahaan. (MI)

×
Berita Terbaru Update