-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Kolaborasi KADIN-PHRI NTT dan Pemrprov NTT Hadiri World Travel Market London November Mendatang

Minggu, 17 September 2023 | September 17, 2023 WIB Last Updated 2023-09-17T16:43:32Z

Kupang,mwartapedia.com - Dalam Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ketua Umum KADIN NTT diundang sebagai key speakers bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Sekjen PHRI Pusat bersama Traveloka dan Bisnet pada Sabtu 16 September 2023.  


Di dalam pemaparannya, Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto menyampaikan penguatan kerjasama,  kolaborasi Kadin atau kamar dagang dan industri bersama PHRI.  


"Sesuai dengan Undang-undang nomor satu tahun 1987 bahwa Kadin adalah satu-satunya  organisasi mewakili dunia usaha sebagai organisasi payung yang mewadahi semua bidang organisasi perdagangan dan industri, bidang usaha maka PHRI juga otomatis menjadi anggota luar biasa dari KADIN,"ungkapnya.


Dan untuk itu, Bobby Lianto menyampaikan bahwa hubungan dengan kolaborasi ini KADIN dapat mengkoordinasikan semua organisasi bidang usaha terkait di industri pariwisata ataupun yang mendukung dengan industri pariwisata karena semua organisasi tersebut di bidang perdagangan dan industri adalah di bawah KADIN. 


Bobby Lianto juga menyampaikan salah satu program yaitu mempromosikan NTT.  


"Satu kabar baik tentang World Travel Market (WTM) yang akan dilaksanakan tanggal 6-8 November di London,"ucapnya. 


Bobby Lianto menjelaskan, pada tahun 2019 NTT sudah mengukir satu sejarah pernah melakukan pameran dimana memiliki boot 400 meter persegi sendiri atas nama NTT atau Exotic NTT. 


"Dimana semua boot rata-rata adalah dari negara masing-masing sehingga sempat dipikir orang bahwa Exotic NTT ini adalah negara tersendiri karena Indonesia sendiri sudah memiliki boot,"ujarnya.  


Menurutnya, hasilnya sangat luar biasa dan banyak penjualan terjadi tetapi karena ada Covid-19 maka pada saat itu pariwisata cukup terpukul.


"Sudah beberapa tahun kita tidak mengikuti WTM,"kata Bobby Lianto.  


Bobby Lianto selaku Ketua umum Kadin kemudian menginisiasi mengubungi berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata tentang WTM tersebut tetapi anggaran terbatas maka NTT tidak bisa menikuti kegiatan tersebut.  


Kemudian Ketum KADIN NTT ini mengambil langkah cepat untuk segera mengambil stand promosi di dalam stand Indonesia yang dikoordinir oleh Kemenparekraf untuk menyelamatkan NTT supaya ada dalam pameran tersebut.  


Bobby Lianto menerangkan dirinya memang bukan bisnis dibidang pariwisata tetapi baginya NTT tidak boleh kosong dan tidak dipromosikan. 


"Maka dari itu saya mengambil tindakan cepat untuk membooking dan mengambil minimal satu meja untuk dan satu kontor di pameran tersebut agar NTT dapat dipromosikan di sana,"terangnya.  


"Untuk itu saya mengajak juga mengundang KADIN NTT dan PHRI NTT menjadi konter bersama kita sebut dengan NTT atau kita eksotik NTT maka dari itu saya mengajak teman-teman PHRI dan juga semua industri pariwisata mari kita meramaikan atau hadir sebagai visitor sambil menjual dan mempromosikan NTT di mata dunia lewat World Travel Market London tanggal 6 sampai 8 November,"ajaknya.  


Bobby Lianto menambhakan, seperti kita ketahui bahwa World Travel Market London ini adalah pusat pameran terbesar travel agent sedunia, dimana ini adalah market terbesar setiap tahunnya seluruh pemain travel agent dan pariwisata datang berkumpul, memperkenalkan, menjual serta membeli paket-paket tour di WTM London ini.  Ada dua yang terbesar yaitu WTM dan ITB Berlin. 


"Dan ini adalah satu kabar baik bagi industri pariwisata khususnya NTT bahwa kita bisa ikut didalam pameran World Travel Market. Saya juga berterima kasih kepada ketua PHRI NTT yang mendukung sehingga kita bisa bersama-sama mempromosikan NTT di WTM London,"pungkasnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update