-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Bunda Julie Sutrisno Laiskodat Antar Musik Sasando Iringi Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara

Minggu, 13 Agustus 2023 | Agustus 13, 2023 WIB Last Updated 2023-08-13T23:58:11Z


Kupang,mwartapedia.com - Ketua Umum Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Timur sekaligus Ketua Dekranasda NTT, Bunda Julie Sutrisno Laiskodat kali ini mengantar musik berdawai Sasando untuk mengiringi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023.


Music Director dan Pelatih Ilustrasi Musik Sasando, Izhu Nisnoni mengatakan bahwa pada Upacara perayaan HUT RI kali ini, beberapa Provinsi di Indonesia akan menampilkan kebudayaannya masing-masing dan salah satiunya adalah Provinsi NTT.


"Provinsi NTT kita akan menampilkan musik Sasando,"ungkapnya saat konferensi pers yang berlangsung di Kantor Dekranasda Provinsi NTT pada Minggu (13/08/2023).


Izhu Nisnoni menjelaskan, pihaknya mendapatkan surat dari Istana Negara untuk menamoilkan ilustrasi musik Sasando yang akan ditampilkam di Istana Negara pada puncak perayaan HUT Kemerdekaan.


"Yang saya seleksi ada 14 pemain jadi yang akan tampil pada acara tersebut berjumlah 15 pemain Sasando termasuk saya,"uncapnya.




Ia menambahkan, proses seleksi tersebut berdasarkan arahan dari Bunda julie Sutrisno Laiskodat yang menyarankan untuk memilih peserta yang baru berkembang dan belum pernah tampil sebelumnya.


"Hal ini bertujuan agar setelah tampil di Istana Negara mereka akan lebih mencintai musik Sasando dan menjadi ispirasi agar menjadi lebih baik kedepan,"kata Izhu Nisnoni.


Ia menambahkan, ketika membawakan budaya musik Sasando pada puncak perayaan HUT RI maka busana yang akan dikenakan juga harus menonjolkan budaya NTT.


"Busana adat dari pulau Rote yang akan kita pakai pakai pada acara tersebut,"kata Izhu Nisnoni.


Bagi pemain musik Sasando, Izhu Nisnoni berharap setelah tampil mereka harus berkembang dan lebih mencintai musik Sasando yang merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.


"Saya berharap setelah mereka pulang dari Istana Negara menjadi beban buat mereka dan harus bisa mempertanggungjawabkan kepada masyarakat,"harapnya.


Jebolan Ilmu Budaya UGM ini menyampaiakan ucapan terima kasih kepada Bunda julie Sutrisno Laiskodat yang telah memberikan ruang untuk tampil pada puncak perayaan HUT RI di Istana Negara.


"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bunda Julie yang sebagai inisiator untuk mengumpulkan tim ini dan pembiayaannya juga yang saya ketahui dari Bunda Julie sendiri," ucapnya.


Untuk diketahui, Sasando adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan. Sasando merupakan alat musik tradisional dari kebudayaan Rote. (MI)

×
Berita Terbaru Update