-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Kabar Gembira, ASN 6 Kabupaten Ini Tidak Perlu Siapkan Dana Untuk Beli Rumah

Kamis, 27 Juli 2023 | Juli 27, 2023 WIB Last Updated 2023-07-28T09:01:40Z


Kupang,mwartapedia.com -  Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk 6 Kabupaten di NTT diberikan  kemudahan untuk mendapatkan rumah dengan tidak perlu menyiapkan dana awal.


Hal ini disampaikan oleh Bank BTN, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dan Real Estate Indonesia (REI) NTT ketika melakukan sosialisasi tentang Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA) di 6 Pemerintah Kabupaten  secara daring pada Kamis (27/07/2023).


ASN dari keenam Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Rote Ndao, Sabu Raijua, Belu dan Sikka.


Hadir secara langsung dalam sosialisasi tersebut adalah Direktur pembelian Perumahan TAPERA, Hari Sundjojo., Kepala Cabang Bank BTN Kupang, Galeh Abdillah dan di host langsung oleh Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kabupaten BELU dr. Agus Taolin dan ketua REI NTT, Bobby Pitoby  dan beberapa developer di bawah anggota yang berada di 6 Kabupaten.


Sosialisasi diawali dari Bank BTN  Galeh Abdillah tentang perumahan bersubsidi dan dilanjutkan oleh Direktur Pembiayaan Perumahan TAPERA, Hari sundjojo menyampaikan beberapa poin kemudahan dari TAPERA yaitu saat ini TAPERA dapat membeli dengan hanya DP 0 persen.


Jadi pembiayaannya full sejumlah nilai rumah yaitu senilai 181 juta, dan cicilan rumah tersebut bisa 20 bahkan maksimum 30 tahun. kalau 20 tahun cicilannya jatuh 1,2 juta sedangkan kalau 30 tahun jatuhnya cuman 900 ribu per bulan.  


Dengan kemudahan ini maka memudahkan para PNS dan ini saatnya ASN untuk memiliki rumah. 


Dari Bank BTN sendiri juga memberikan bonus khusus administrasi yang tadinya biaya administrasinya bisa  5 sampai 6 juta, tapi kali ini dari Bank BTN hanya memberikan biaya administrasi tidak sampai 1 jutajuta atau 750 ribu rupiah. 


Bobby Lianto menyampaikan, yang luar biasanya dari pihak Developer untuk semua perumahan yang disosialisasikan di Kabupaten tersebut khusus untuk 10 pembeli pertama di setiap Kabupaten diberikan promo khusus yaitu, bebas booking fee 1 juta, bebas BPHTB senilai 6.0 50.000 dan juga bebas biaya Notaris yang senilai Rp1.500.000 sampai 2.500.000.


"Sehingga bisa dikatakan ASN melalui program ini untuk 10 pembeli pertama tidak menyiapkan uang apa-apa untuk Developer, karena uang mukanya juga nol maka hanya menyiapkan senilai sekitar 750.000 untuk biaya administrasi di Bank,"ucap Bobby Lianto.


Dan ini langkah baru terjadi di NTT atas kebijaksanaan Program BTN dan juga kebijakan dari developer yang bergabung ini yaitu ada 6 Developer yang pertama adalah PT pembangunan sumber Sejahtera Perumahan paling dekat Regency di Kabupaten Sumba Tengah dan juga Perumahan  Waikelo di Sumba Barat Daya, yang kedua adalah Perumahan Sasando di Kabupaten Rote Ndao, kemudian yang keempat adalah Perumahan Ray Mania Regency di Kabupaten sabu raijua, yang kelima adalah Perumahan Tilu Regency di Kabupaten Belu dan yang  keenam adalah Perumahan Cicak Regency di Kabupaten Sikka Maumere. 


Maka ini adalah kesempatan yang luar biasa promo Bank BTN hanya berlaku sampai di bulan September sedangkan promo developer tersebut khusus untuk 10 pembeli pertama di setiap Kabupaten menyesuaikan dengan stok ready unit rumah.


Untuk itu, Hari Sunjoyo mengatakan kesempatan ini langka maka segera mengambil kesempatan emas ini bagi para ASN di 6 Kabupaten dimaksud. (MI)

×
Berita Terbaru Update