-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Ketua KKMORA: Bulan Suci Ramadhan Momentum Tingkatkan Kerukunan

Rabu, 22 Maret 2023 | Maret 22, 2023 WIB Last Updated 2023-03-22T14:05:47Z

                             


Kupang,mwartapedia.com - Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah, Ketua Kerukunan Keluarga Madura Flobamora (KKMORA), Timen menghimbau agar di Bulan Suci Ramadhan kali ini dijadikan sebagai momentum untuk terus meningkatkan kerukunan, baik antar sesama umat maupun antar umat beragama.


"Terutama saat bulan Ramadhan ini menjadi momen untuk meningkatkan kerukunan dan toleransi karena umat Islam dituntut untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan berpuasa,” kata Timen saat ditemui media ini di Kantor Sekretariat KKMORA yang didampingi oleh Ustadz H. Ruji, Mohamad Tohir dan Lihan, Senin (21/03/2023).


Dikatakan, Islam adalah agama yang membawa kedamaian dan kenyamanan di tengah-tengah masyarakat yang heterogen. Apalagi masyarakat Kota Kupang yang dikenal dengan kota toleransi.


Sehingga dirinya berharap dengan meningkatkan kerukunan dan toleransi, masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan dan dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan yang telah terjalin selama ini.


“Kita juga harus saling mengingatkan bagaimana kita hidup yang baik, hidup bersama yang toleran satu dengan yang lain,” ujarnya.


Selain itu Timen juga mengajak masyarakat saling bahu membahu meringankan beban masyarakat lainnya. Mengingat Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan setiap orang yang melakukan kebaikan akan diberikan pahala berkali-kali lipat.


"Bulan Suci Ramadhan kali ini, KKMORA akan melakukan berbagai kegiatan wajib yaitu Solat Berjemaah, Zakat Fitrah dan semua masyarakat muslim pastinya mengeluarkan Zakat Fitrah setiap hari,"ungkapnya.


Timen menambahkan, masyarakat muslim terutama masyarakat Madura yang ada di Kota Kupang tentunya pasti mengeluarkan Zakat untuk anak-anak yatim piatu, janda, fakir miskin dan masyarakat yang tidak mampu. 


Bulan Suci Ramadhan bagi Timen adalah bulan yang sangat mulia karena pada bulan Ramadhan adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim.


"Bulan Suci Ramadhan adalah hari dimana kita untuk bertobat jadi masyarakat Muslim diajak untuk melaksanakan ibadah yang cukup dan harus sabar dari berbagai godaan,"ucapnya.


Sementara itu, Ustadz H. Ruji memberikan pesan kepada masyarakat Muslim yang ada di Kota Kupang dalam menyambut bulan Ramadhan harus sabar karena puasa itu wajib.


"Untuk keluarga Madura saya mengajak marilah kita tingkatkan ketagwaan, rasa sabar dan rasa keiklasan dalam hal apapun karena itu bisa menambah nilai ibadah bagi kita terutama toleransi antar umat beragama,"pungkasnya.


Untuk diketahui, Kerukunan Keluarga Madura Flobamora (KKMORA) yang berasal dari empat Kabupaten yaitu Pemakasan, Bangkalan, Sampang dan Semenep dibentuk sejak tahun 2021 sudah terdaftar sebanyak 275 Kepala Keluarga. (MI)



×
Berita Terbaru Update