-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Kasdim 1604/Kupang Hadiri Peresmian Pompa Hidram di Desa Sumlili

Senin, 12 Desember 2022 | Desember 12, 2022 WIB Last Updated 2022-12-12T09:00:30Z

Oelamasi,mwartapedia.com - Kepala Staf  Kodim (Kasdim) 1604/Kupang menghadiri peresmian Pompa Hidram yang berlangsung di Dusun ll Oebatu, Desa Sumlili, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin, 12 Desember 2022. 


Peresmian Pompa Hidram tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1604/Kupang.


Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1604/Kupang, Letnan Kolonel Inf. I Gde Putu Suwardana, S.I.P dalam smbutannya mengatakan bahwa bantuan Pompa Hidram ini diinisiasi oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk membantu beberapa lokasi di Indonesia yang memang mengalami kesulitan air bersih.


"Salah satunya di Nusa Tenggara Timur yang merupakan skala prioritas,"ungkapnya. 




Kasdim menerangkan, sesuai data pada tahun anggaran 2020/2021, Kodam  lX Udayana sudah membangun 238 Pompa Hidram di seluruh wilayah Kodam lX Udayana yaitu Bali, NTT dan NTB.


"Tetapi NTT mendapat porsi paling banyak sekitar 82 persen dari populasi Pompa Hidram yang kita bangun dan Kodim 1604/Kupang yang paling banyak,"ucapnya.


Kasdim menuturkan, dirinya merasa bersyukur karena sampai dengan saat ini belum pernah merasakan kesulitan air.


"Saya malah sampai dengan saat ini belum pernah gotong (angkat) air namun ternyata teman-teman di pelosok masih ada yang mengalami hal tersebut,"tuturnya.


Ia mengharapkan semoga bantuan Pompa Hidram ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.


"Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan saya titip pesan, perawatannya sangat penting dan bagi yang sudah mengerti mekanisme pompa Hidram yang airnya mengalir 24 jam dan tidak memerlukan biaya,"tutupnya. 




Penjabat Sementara Danramil 1604-06/Batakte, Letda Inf  Agapito Ximenes dalam sambutannya mengatakan bahwa air bersih sumbangan dari TNI AD berupa Pompa Hidram ini dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat yang mangalami kesulitan air. 


"Disini saya akan koordinasi dengan Kepala Desa yang terpilih dan tokoh masyarakat untuk kita utamakan di gereja dan masjid,"ujarnya.


Ia menambahkan, ini adalah bantuan yang pertama dan bulan Januari mendatang TNI AD akan membangun lagi didesa yang sama.


"Bulan depan kita akan membangun lagi di Dusun l yang kebetulan ada pipa bantuan dari pemerintahan yang dulu akan kita gunakan sehingga air tersebut dialirkan sampai pada dusun yang terakhir,"terangnya.




Letda Inf  Agapito Ximenes menerangkan bahwa bantuan yang diberikan oleh TNI AD ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun.


"Kepada Pak Kasdim yang telah hadir di Kupang Barat ini, saya sampaikan bahwa yang banyak membantu kami dalam mengerjakan Pompa Hidram ini adalah masyarakat dan kami tidak pernah membeli beras tetapi makanan dibawah dari rumah dan makan bersama-sama. Saya sangat senang dan seandainya disetiap dusun yang dibangun Pompa Hidram masyarakatnya seperti ini saya rasa pemerintah tidak akan susah,"pungkasntya.


Turut hadir dalam peresmian ini yakni Kasdim 1604/Kupang, Camat Kupang Barat, Lurah Batakte, Danramil 1604-06/Batakte, Kapolsek Kupang Barat, Kepala Desa Sumlili, Ketua BPD Desa Sumlili, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Desa Sumlili. (*/MI)

×
Berita Terbaru Update