-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Politani Negeri Kupang Siap Lepas 528 Wisudawan

Senin, 24 Oktober 2022 | Oktober 24, 2022 WIB Last Updated 2022-10-24T17:30:19Z


Kupang,mwartapedia.com - Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang bakal menggelar prosesi wisuda sebanyak 528 wisudawan yang akan dilepas dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka wisuda Sarjana Terapan dan Ahli Madya pada Kamis, 27 Oktober 2022.


Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur Bidang Akademik, Jacqualine A. Bunga, SP, M.Si saat ditemui media ini diruang kerjanya pada Senin, 24 Oktober 2022.


Jacqualine mengatakan, Politani Negeri Kupang yang selama ini berada dibawah naungan Undana resmi berdiri sendiri sejak 6 Oktober 1997 sudah memiliki 5 Jurusan dan 14 Program Studi (Prodi). 


Ditambahkan, wisuda periode kedua tahun 2022 ini merupakan wisuda Sarjana Terapan angkatan ke-18 dan Ahli Madya angkatan ke-38 yang direncanakan akan dihadiri oleh 2.000 orang terdiri dari 528 wisudawan didampingi kedua orang tua atau kerabat serta undangan.


"Wisuda kali ini terdiri dari lima jurusan dan 12 Prodi dari 14 Prodi yang ada di Politani saat ini, namun ada dua Prodi baru yang belum memiliki alumni yaitu Prodi Teknologi Rekayasa Pangan dan Agribisnis Perikanan,"ungkapnya.


Jacqualine menjelaskan, total wisudawan sebanyak 528 dengan rincian Jurusan Kehutanan sebanyak 50 wisudawan, Jurusan Menejemen Pertanian Lahan Kering sebanyak 196 wisudawan, Jurusan Perikanan dan Kelautan sebanyak 50 wisudawan, Jurusan Peternakan sebanyak 121 wisudawan serta Jurusan Tanaman Pangan dan Holtikultura sebanyak 111 wisudawan. 


"Terdapat lima orang terpilih sebagai lulusan terbaik yang terdiri dari Jurusan Peternakan, Prodi Kesehatan Ternak dengan IPK 3,7 atas nama Bertolomeus Pesa, A.Md.Vet, Jurusan Tanaman Pangan dan Holtikultura, Prodi Teknologi Pangan dengan IPK  3,77 atas nama Maria Yasinta Tue, A.Md.T.P, Jurusan Kehutanan, Prodi Pengelolaan Hutan dengan IPK 3,76 atas nama Skolastika Marici, S.Tr,Hut, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Prodi Teknologi Budidaya Perikanan dengan IPK 3,71 atas nama Markus Maliando Kleka Muda,A.Md.Pi dan Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering, Prodi Penyuluhan Pertanian Lahan Kering dengan IPK 3,61 atas nama Soniya Zealthiel Putirulan, S.Tr.P,"terangnya.


Lebih lanjut, Jacqualine menambahkan, pelaksanaan wisuda tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. 


"Untuk wisuda kemarin menggunakan sistem drive thru sehingga hanya diperbolehkan satu orang saja yang masuk tetapi tahun ini kita sudah menyelenggarakan wisuda yang didampingi oleh orangtua yang bertempat di student senter,"tambahnya.


Ia menjelaskan, Politani Kupang adalah Perguruan Tinggi vokasi yang berbeda dengan Perguruan Tinggi lain, dimana dalam pembelajaran Politani menerapkan 60 persen praktek sedangkan 40 persennya teori karena sasaran alumni adalah bekerja mandiri . 


"Wisudawan Politani adalah lulusan yang siap pakai di lapangan karena memang output dari lulusan kita adalah mampu bekerja mandiri di bidang entrepreneurship atau kewirausahaan,"ucapnya.


Jacqualine berharap lulusan dari Politani bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri dari ilmu yang mereka peroleh dan Politani juga memberikan kesempatan kepada alumni untuk melanjutkan pendidikan kejenjang Diploma 4.


"Bagi alumni yang ingin melanjutkan studi silakan karena untuk program Diploma 3 kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk alih jenjang ke Diploma 4 dan terbuka untuk semua. Sedangkan untuk jenjang S2 saat ini Politani sudah mengusulkan dan kami berharap tahun depan kita sudah bisa mempunyai jenjang S2,"harapnya.


Menurut Wadir Bidang Akademik, Politani sebagai Perguruan Tinggi terbaik,  banyak masyarakat yang berminat sehingga pihaknya juga terus melakukan berbagai upaya pembenahan agar menyediakan fasilitas yang mumpuni dengan menyiapkan web www.politanikoe.ac.id yang bisa diakses oleh semua kalangan.


"Saya kebetulan di Wadir bidang akademik yang membidangi Tri Dharma pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian dan pengabdian, untuk pengabdian mulai tahun ini terpusat dan kami buat desa contoh di Raknamo. Kami berharap desa itu menjadi model,"pungkasnya


Sementara itu, Ketua Panitia, Philomena Gego Sada, SE kepada media ini mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan dan beberapa tahapan untuk menyukseskan acara dimaksud.


"Kebetulan saya dipercayakan sebagai ketua panitia dan sudah melakukan beberapa hal seperti membentuk tim kerja dan membagi tugas seksi-seksi  ,"tuturnya.


Ia menjelaskan, saat ini persiapan sudah pada tahap akhir dan timnya juga menggunakan jasa IO untuk dekorasi tetapi tetap menggunakan icon Politani.


"Hari ini kami sudah melakukan persiapan pada tahap akhir, mulai besok gladi kotor, lusa gladi bersih dan tanggal 27 acara wisuda


Ia menambahkan, pada acara wisuda, Politani Kupang juga akan melakukan pameran produk politani.


"Untuk pameran hasil produksi pertanian dari lima Jurusan, kami akan pakai di tempat parkir,"tutupnya. (MI)


×
Berita Terbaru Update