-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Sambut HUT RI ke-77, Kesbangpol Gandeng FPK dan BAIS NTT Bagikan 10 Juta Bandera Merah Putih Bagi Warga

Kamis, 11 Agustus 2022 | Agustus 11, 2022 WIB Last Updated 2022-08-12T09:58:08Z

Kupang,mwartapedia.com - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Nusa Tenggara Timur (Kesbangpol)  NTT menggandeng Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Badan Inteligen Strategis Tentara Nasional Indonesia (BAIS) NTT akan membagikan 10 juta bandera merah putih bagi warga di Kota Kupang.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi NTT, Ir. Yohanes Oktavianus,MM yang didampingi oleh Ketua FPK NTT, Ir. Theodorus Widodo, BAIS NTT, Komandan Mayor CHP, Hery Sapto kepada awak media mengatakan bahwa gerakan pembagian 10 juta bandera merah putih pada peringatan HUT Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Badan Kesbangpol bekerjasama dengan FPK dan BAIS NTT untuk membagian bandera kepada warga. 


"Diprovinsi lain sudah dimulai tetapi untuk NTT saya melibatkan FPK karena saya melihat FPK sangat aktif,"ungkapnya dalam konferensi pers yang berlangsung di Aula Kantor Kesbangpol Provinsi NTT pada Kamis, 11 Agustus 2022, 


Yohanes Oktavianus menambhakan bahwa Badan Kesbangpol sudah menyiapkan bandera merah putih sebanyak 10 juta dan pihaknya menyerahkan secara simbolis kepada FPK dan BAIS NTT agar bersama-sama membagikan bandera tersebut.


 "Disini bandera sudah kami siapkan dan saya juga akan menyerahkan bandera secara simbolis kepada FPK untuk menyerahkan kepada masyarakat dan pertama kita mulai ke Samsat kita akan menyerahkan kepada masyarakat yang sedang mengurus surat-suratnya kemudian kita juga akan melanjutkan keempat titik perempatan lampu merah secara bersama-sama,"jelasnya.



Sementara itu pada tempat yang sama, Ketua FPK NTT, Ir.Theodorus Widodo mengatakan bahwa perayaan HUT RI yang akan dilakukan oleh FPK ini merupakan perayaan perdana dengan melibatkan semua etnis yang ada di Kota Kupang.

"Untuk pertama kalinya FPK NTT akan menyelenggarakan HUT RI ke-77 dengan melibatkan peserta dari etnis-etnis yang ada di NTT dan yang sudah diundang sebanyak 26 etnis lalu pada hari peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI akan dilaksanakan apel bersama yang bertempat di halaman depan kantor RUPR NTT,"ucapnya.

Theodorus Widodo yang akrab disapa Theo Widodo menjelaskan bahwa pada puncak perayaan HUT RI, pihaknya juga akan menyelengarakan berbagai kegiatan.

"Perayaan ini akan diawali dengan upacara bandera yang akan dipimpin oleh Ketua FPK dan akan dilanjutkan dengan tarian massal  daerah dan lomba jenaka disini tujuannya bukan untuk kompetisi cari juara tetapi untuk kebersamaan dan persaudaraan antar etnis daerah di NTT,"demikian jelas Theo Widodo.

Lebih lanjut Theo Widodo menuturkan makna substansi FPK dan juga menggambarkan dua forum penting lainnya yang sama-sama dibentuk oleh Pemerintah Indonesia berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 34 tahun 2006..

"Kembali ke FPK, FPK adalah Forun Pembauran Kebangsaan, bukan Forum Pembaharuan Kebangsaan disini FPK ada untuk pembauran semua etnis dan ada tiga forum yang difasilitasi oleh pemerintah. Pertama,  FPK, Forum Pembauran Kebangsaan. FPK dibentuk di Indonesia tahun 2006 dan di NTT tahun 2008. Di NTT dibentuk berdasarkan SK gubernur. Kepengurusan kita sejak tahun 2022 sampai 2023. Kedua, FKUB, Forum Kesatuan Umat Beragama yang jauh lebih dikenal publik.  Karena FKUB berada di bawah dua Kementerian, yaitu Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Ketiga,  adalah Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, atau FKDM."

Komandan Mayor CHP,  Hery Sapto BAIS TNI terhadap rencana ini menaruh harapan besar agar bisa dilakukan karena NTT merupakan Provinsi di Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan yang tinggi.

"Upacara peringatan HUT ke-77 dengan menghadirkan semua etnis  yang ada NTT kurang lebih 650 orang ini ide besar dan diharapkan dapat dilaksanakan. Karena ini sebagai  motivasi yang baik, NTT memiliki rasa kebangsaan yang tinggi dan menjadi model untuk Indonesia," ujar Komandan Mayor Hery.

Kegiatan jumpa pers di Kesbanpol NTT juga dihadiri pengurus FPK lain seperi, Theo da Cunha Sekretaris FPK NTT, Aloysius Sukardan Anggota FPK NTT dan Panitia Ketua Seksi Acara, Poeji Watana,  Adhi Dejan koordinator perlengkapan acara dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI).

Diakhir kegiatan tersebut diisi dengan acara penyerahan atau pembagian bendera oleh Kepala Badan Kesbangpol NTT kepada ketua FPK NTT dan anggota, Komandan BAIS TNI, Koordinator Perlengkapan Acara dan watawan. (MI)

×
Berita Terbaru Update