-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Pentingnya Asuransi Jasa Raharja Bagi Pengguna Jalan

Senin, 22 Agustus 2022 | Agustus 22, 2022 WIB Last Updated 2022-08-23T06:29:17Z

Kupang,mwartapedia.com - Kehadiran Asuransi Jasa Raharja sangat membantu dan penting terutama bagi pengendara karena Jasa Raharja adalah asuransi sosial milik negara (BUMN) yang bertanggungjawab mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas bagi penumpang baik angkutan umum, kendaraan pribadi maupun pejalan kaki.


Hal ini disampaikan oleh Markus Raga Djara,S.H, M.Hum sebagai pengguna jalan saat ditemui media Wartapedia di ruang kerjanya pada Senin, 22 Agustus 2022.


Markus mengatakan bahwa kehadiran Asuransi Jasa Raharja sangat penting dan bermanfaat bagi pengendara ketika mengalami kecelakaan.


"Kita semua tidak berharap mengalami kecelakaan tetapi ketika kita mengalami kecelakaan disitu hadir Asuransi Jasa Raharja memberikan santunan akan sangat membantu meringankan beban bagi korban dan keluarga,"tuturnya.


Markus menilai kesadaran mayarakat Kota Kupang terhadap ketertiban berlalu lintas masih sangat rendah. Hal ini dilihat dari pengguna jalan khususnya pengendara roda dua masih banyak yang belum mematuhi aturan lalu lintas..


"Pengguna jalan raya khususnya sepeda motor di Kota Kupang menurut saya belum mematuhi aturan dalam berkendara sehingga menyebabkann banyak terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas),"ungkapya.


Masih menurut Markus, tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kota Kupang yang terjadi hampir setiap hari disebabkan karena masih banyak pengguna jalan yang mengabaikan keselamatan yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.


"Saya melihat banyak pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua masih banyak yang tidak menggunakan helm, ugal-ugalan dijalan dan tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas,"ucapnya.


Markus berharap agar pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan setia mematuhi aturan yang ada supaya terhindar dari kecelakaan.


"Saya rasa kehadiran Asuransi Jasa Raharja tentu membuat para pengendara lebih berhati-hati dan tertib dalam mengemudikan kendaraannya di jalan raya maka sudah tantu setiap pengendara wajib membayar Asuransi Jasa Raharja pada saat membayar pajak kendaraan,"tambah Markus.


Sementara itu pada tempat terpisah, Om Ius sebagai driver layanan ojek online ketika ditemui media ini memilai bahwa kesadaran pengguna jalan di Kota Kupang masih sangat rendah.


"Setiap hari banyak pengguna jalan yang ugal-ugalan baik sepeda motor maupun angkutan umum,"ucap Ius.


Ia menuturkan bahwa sebagian besar kecelakaan yang terjadi di Kota Kupang merupakan kecerobohan dari para pengguna jalan raya.


"Saya melihat banyak pengguna jalan bermain handpone saat sedang mengemudi dan ini sangat bertentangan dengan aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan karena bisa menabrak kendaraan yang berada didepan atau menabrak objek lain dipinggir jalan,"ujarnya.


Ius menambahkan, masih banyak pengendara roda dua yang melanggar undang-undang lalu lintas dengan tidak menggunakan helm ketika berkendara sehingga Ius berpesan agar saat  mengendarai sepeda motor wajib menggunakan helm dan jadikan helm merupakan sebuah alat untuk melindungi diri dari kecelakaan.


Tidak menggunakan helm di jalan raya bagi Ius merupakan sebuah tanda dan gambaran bahwa masyarakat masih rendah dalam memahami kesadaran akan keselamatan berlalu lintas.


"Pelanggaran lalu lintas yang sering saya temui dijalan adalah berboncengan tiga orang atau lebih, tidak menggunakan helm dan ini biasa dilakukan oleh anak-anak berusia dibawah 17 tahun,"tuturnya.


Sebagai pengguna jalan raya, Ius juga berpesan bahwa kesadaran berlalu lintas dimulai dari diri sendiri dan tidak perlu melihat orang lain.


"Mari kita taati aturan lalu lintas dengan cara membawa kelengkapan surat-surat kendaraan dan mengenakan helm, dengan begitu kita juga turut serta membantu untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan,"pungkasnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update