-->
Masuk

Notification

×

Iklan

𝐃𝐢𝐧sos Kabupaten 𝐒𝐢𝐤𝐤𝐚 𝐓𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐋𝐮𝐦𝐛𝐮𝐧𝐠 S𝐨𝐬𝐢𝐚𝐥 𝐝𝐢 𝐄𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐊𝐞𝐜𝐚𝐦𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐑𝐚𝐰𝐚𝐧 𝐁𝐞𝐧𝐜𝐚𝐧𝐚

Kamis, 14 Juli 2022 | Juli 14, 2022 WIB Last Updated 2022-07-21T14:38:15Z

Maumere,mwartapedia.com -Dinas Sosial Kabupaten Sikka telah menempatakan sekaligus melakukan sosialisasi maafaat dan fungsi 𝐋𝐮𝐦𝐛𝐮𝐧𝐠 𝐒𝐨𝐬𝐢𝐚𝐥 untuk percepatan penanganan korban bencana di wilayah Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Kamis,14 Juli 2022.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka, Drs. Rudolfus Ali, M.Si menjelaskan, Kabupaten Sikka  sendiri menjadi salah satu wilayah Rawan bencana baik itu bencana alam maupun  bencana sosial di Provinsi NTT eehingga terus dilakukan antisipasi kebencanaan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sikka dengan menempatkan lumbung sosial di wilayah Kecamatan yang rawan bencana.

Ia juga menambahkan, Lumbung Sosial adalah Program Kementerian Sosial RI yang pertama kali dilakukan di Indonesia yaitu di Kabupaten Sikka dan Kabupaten Ende pada awal Januari 2022, Dalam Rangka Percepatan penanganan korban bencana terutama dari segi logistik.

Sampai kamis, 14 Juli 2022 telah terbentuk empat lumbung Sosial di enam Kecamatan, yakni Kecamatan Talibura, Doreng, Paga, Tanawawo dan menyusul di Mego dan Kecamatan Palue" Tutur Rudolfus Ali

Ia mrnjelaskan, fungsi dari Lumbung Sosial Itu sendiri adalah untuk mengantisipasi dan mempercepat penanganan bagi korban bencana.

"Apabila terjadi bencana di wilayah Kecamatan Tanawawom maka persedian logistik sudah ada dan siap  didistribusikan guna mempermudah dan mempercepat bantuan kebutuhan dasar bagi para korban bencana,'ungkapnya.

Menurutnya, penempatan Lumbung sosial di Kecamatan Rawan bencana dengan pertimbangan, jika terjadi bencana maka akan memudahkan pengambilan dan pendistribusian logistik bagi Pemerintahan Desa dan Kecamatan yang sudah memiliki Lumbung Sosial.

"Lumbung Sosial Merupakan program 𝐊𝐄𝐌𝐄𝐍𝐓𝐄𝐑𝐈𝐀𝐍 𝐒𝐎𝐒𝐈𝐀𝐋 𝐑𝐈 melalui Dinas Sosial Kabupaten Sikka, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap warga masyarakat yang terkena dampak bencana,"ucapnya.

Warga menyambut dengan gembira dan mengucapakan terima kasih kepada Pemkab Sikka dan Kementerian Sosial RI yang sudah menempatkan Lumbung sosialdi Kecamatan  Tanawawo, karena  lumbung sosial akan menjadi persediaan logistik ketika terjadi bencana di wilayah tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Tanawawo, Yacobus O.Florino, AP, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sikka, Fidelia Kolumba,S.Sos,Kepala Bidang Fakir Miski, Hieronimus Nesi,S.Fil, Kepala Seksi Korban Bencana Alam, Lydwina Amamoat, Kepala Seksi Identifikasi dan penguatan kapasitas, Jitro Bokki,S.Sos, para Kepala Desa dan para Tokoh Masyarakat Kecamatan Tanawawo

Tingkatkan KESIAP SIAGAAN Bencana,Keluarga TANGGUH, siap untuk SELAMAT#,KEMENSOS HADIR,# PEMKAB SIKKA,#DINSOS SIKKA. (Thenz/MI)

×
Berita Terbaru Update