-->
Masuk

Notification

×

Iklan

Hari Pertama di Sidney, Ketum KADIN NTT Lakukan Survey Pasar Produk UMKM NTT

Jumat, 29 Juli 2022 | Juli 29, 2022 WIB Last Updated 2022-07-30T06:48:16Z




Kupang,mwartapedia.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama rombongan dalam kunjungan hari hari Pertama di Sidney, Australia pada Jumad tanggal 29 Juli 2022 melakukan survey pasar produk UMKM NTT yang sudah di pasarkan di Australia yaitu Coklat kebanggan dari NTT, Ghaura Chocolate.


Demikian disampaikan oleh Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto, MM, MBA kepada media wartapedia pada, Jumad (29/07/2022).


Bobby Lianto mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut gerai pertama yang dikunjungi adalah ASLAN Cofee Roaster yang berlokasi di The Rock merupakan suatu  tempat yang sangat popular dan favorit di sydney berada didekat  circular Quay yang berhadapan dengan Sydney Opera House dan Jembatan Harbour Bridge yang terkenal di sydney. 


"Saya bersama Importir Chocolate Ghaura di Australia Bapak Ferry Widjaya langsung mendatangi  Cafe tersebut dan bertemu Pieter yang adalah manager dari Cafe tersebut serta menanyakan bagaimana respon pembeli terhadap produk Coklat kebanggaan NTT ini,"ungkapnya.


Bobby Lianto merasa senang mendengar jawaban dari Pieter bahwa Chocolate GHAURA yang sangat populer di Sidney.


"Menager Pieter mengatakan bahwa Chocolate GHAURA ini sangat popular di tempat ini dan umumnya orang datang minum kopi dan membeli coklat Ghaura yang memiliki banyak pilihan varian rasa,"ucap Bobby Lianto.


Ketum KADIN NTT juga menawarkan biji Kopi Flores yaitu dari Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Bajawa.



Pada kesmpatan tersebut, Bobby Lianto juga mengunjungi toko-toko lainnya didaerah BALMAIN  Sydney tepatnya di Darling Street.

Menurutnya, daerah ini sangat terkenal dengan toko-toko yang menjual barang-barang unik dan antik serta bernilai seni dimana orang-orang asing (turis) sangat mengapresiasi nilai seninya, disini juga ada suatu Toko milik orang Indonesia  bernama TWO BASKET. Ketum KADIN NTT ini bertemu langsung dengan pemilik Toko tersebut yaitu ibu Nana dan bapak Jhony ternyata Toko tersebut juga menjual Produk UMKM kebanggan NTT yaitu coklat GHAURA yang terkenal sampai ke Australia.


"Saya juga membawa sample produk-produk UMKM NTT lainnya yaitu berupa kain tenun, rajutan dan acecorisnya, Tas unik tenun dari Salon Rinny, Kios Kaos dan Maleo Humba Sumba Timur di tawarkan agar dapat diimport dan dijual di Australia,"tuturnya.


Demikian Ketum KADIN NTT  tidak mengenal lelah menyasar toko-toko dan tempat-tempat di Australia dan berdiskusi dengan importir serta pemilik toko  tentang apa kebutuhan pasar dan bagiamana respon terhadap produk NTT. 


"Beberapa produk yang akan di import adalah bubuk, daun teh moringa  dari Timor Moringa, Cookies Sorgum Moringa Triple Girls dan La Moringa dan lain lain, agar produk NTT semakin baik dan dapat diterima di Australia maka masukan seperti Packaging, harga, efisiensi sampai pada rasa harus lebih diprioritaskan,"lanjutnya. 


Bobby Lianto menjelaskan bahwa dalam Roadshow KADIN beberapa kota ini  juga akan dijadwalkan penandatangan MoU dengan Importir yang akan berlangsung di depan Gubernur Jenderal Australia dan Ketum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid di Canbera dalam pertemuan bilateral dan bisnis.


Bobby Lianto berharap semakin banyak produk NTT dapat di ekspor ke Australia dapat memberikan motivasi dan kepercayaan diri kepada para UMKM NTT bahwa produk  kitapun bisa bersaing di luar negri jika kita kerjakan dengan serius dan konsisten.


"Rencananya, Saya juga akan bertemu dengan beberapa investor yang tertarik untuk masuk berinvestasi di NTT yaitu pabrik Rumput Laut, Peternakan, Smart Digital System, Energy Terbarukan dan Peternakan Live stock,"pungkasnya. (MI)

×
Berita Terbaru Update